Kamis, 07 November 2013

SEMUA PIHAK PERLU LEBIH BIJAK


Insiden walk out dari mahasiswa wisma foba pada pertemuan dengan yayasan Wisma Mahasiswa Pelajar Indonesia (WMPI), tanggal 2 November 2013 di Mess Aceh-Jakarta Pusat, justru dikarenakan lemahnya sirkulasi informasi tentang rencana pembangunan wisma foba.
Seharusnya insiden itu tidak perlu terjadi,  namun nasi sudah jadi bubur, mungkin informasi yang diperoleh penghuni wisma foba sangat terbatas, apalagi belum ada sosialisasi sebelumnya tentang rencana pembangunan wisma foba.
Seyogiyanya, pihak WMPI perlu lebih arif dan bijak dalam menyingkapi aksi walk out teman-teman penghuni asrama foba, tidak perlu menuding apalagu menuduh. Mengkomunikasikan rencana alih fungsi aset foba, sebaiknya dilakukan secara maraton dan masif dengan melibatkan semua pihak. Apalagi mahasiswa foba, selaku penerima manfaat, perlu lebih inters untuk mendiskusikan berbagai kemungkinan, termasuk mekanisme pembangunan dan keberlanjutan nasib penghuni asrama wisma foba.
Mungkin, Pengurus Taman Iskandar Muda (TIM) selaku lembaga paguyuban Aceh di Jakarta, dapat menfasilitasi para pihak untuk duduk satu meja dan membicarakan persoalan ini dengan melibatkan semua elemen dan komponen masyarakat Aceh yang ada di Jakarta. Sebaiknya masalah ini dapat segera dicarikan solusi yang strategis, bila perlu pengurus TIM dapat menfasilitasi pertemuan lintas elemen masyarakat Aceh termasuk pemuda dan Mahasiswa Aceh yang ada di Jakarta.
Sebelum ada kata-kata sepakat, maka semua pihak perlu menahan diri, karena ini terkait dengan pemanfaatan asset masyarakat Aceh di Jakarta. Seyogiyanya pihak yayasan selaku pemangku kepentingan, juga perlu melakukan pendekatan secara arif dengan rekan-rekan mahasiswa penghuni wisma foba, jangan ada kesan memaksa kehendak.
Kalau memang, pembangunan ini untuk kemashlatan mahasiswa dan masyarakat Aceh di Jakarta, maka semua pihak perlu dilibatkan dan terbuka agar hasilnya dapat diterima oleh semua komponen dan elemen masyarakat Aceh yang ada di Jakarta, berpikirlah untuk 30-50 tahun yang akan datang. Jangan ada dusta diatara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar